Translate

Senin, 19 November 2012

Dasar-Dasar Perencanaan Lapangan Terbang


Dalam usaha merencanakan lapangan terbang pada suatu daerah tertentu, kita harus mempunyai beberapa faktor perhitungan tertentu mengingat keuntungan dan keamanan serta kelanjutan dari pada lapangan terbang yang kita bangun :

  1. Pemilihan Lokasi
            Keadaan tanah dimana lokasi lapangan  terbang harus di hindari dari daerah perumahan, bangunan pendidikan, rumah sakit dan daerah perindustrian. Hal ini penting karena kerasnya suara yang ditimbulkan. Apalagi dengan adanya pesawat jet diperhitungkan tidak mengganggu lebih kurang 1000 desibel.

  1. Keadaan Atmosfir
            Keadaan disekitar lapangan terbang harus cukup baik dan jangan sampai tercemar asap dari industri ataupun pembakaran hutan secara liar karena hal ini akan mengganggu kelancaran pesawat take off dan landing.

  1. Hubungan Lapangan Terbang Dengan Pusat Kota
            Lapangan terbang harus mudah dicapai dengan kendaraan bermotor dari pusat kota. Sehingga para penumpang tidak mendapat kesulitan untuk berpergian. Jarak lapangan terbang dengan pusat kota sebaiknya berkisar antara 15-20 km.

  1. Obstruction
            Jangan sampai ada gangguan ataupun rintangan daripada bermacam-macam bangunan yang bertingkat tinggi, bukit-bukit dan pohon.

  1. Harus Tersedia Tanah Yang Cukup Luas
Persediaan tanah harus cukup luas yang dicadangkan untuk perluasan dan perkembangan lapangan dimasa datang.

  1. Jarak Dengan Lapangan Terbang Lain
Untuk jarak dengan lapangan terbang yang lain ini tergantung dari pesawat-pesawat jenis apa yang akan menggunakan lapangan tersebut disesuaikan dengan perencanaan menurut kebutuhan daerah setempat dan perkembangannya.

Disamping beberapa faktor diatas masih ada lagi beberapa faktor teknis yang tidak kalah pentingnya dalam merencanakan luasnya lapangan terbang. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Performance Characteristcs ( sifat-sifat pesawat )
  • Plane Movement Perhour ( banyaknya lalu-lintas )
  • Faktor Meteorologi
  • Elevasi
  • Noise ( suara )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar